Minggu, 04 Januari 2009

MATEMATIKA DAN MASA DEPAN



Matematika merupakan pelajaran wajib di tingkat jenjang pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah, kejuruan maupun di perguruan tunggi. Mengapa tidak, matematika merupak alat untuk pengembangan ilmu pengetahuan lainnya. Jadi antara matematika dan sains lainnya punya hubungan yang tidak bisa dipisahkan.

Departemen Pendidikan Amerika Serikat menyebutkan, pekerja tamatan sekolah menengah dengan kemampuan matematika yang tinggi mempunyai karier yang lebih baik daripada mereka yang memiliki kemampuan matematika rendah (pikiran rakyat/5 januari 2009).

Ini sekaligus menjawab kekhawatiran mahasiswa Jurusan Matematika tentang masa depan karier mereka yang sering disebut-sebut tidak jelas(Dr. Sudrajat, MS) dalam seminar sehari Matematika dengan tema "The Power of Mathematics for All Application".

Maka tidak berlebihan jika kita mengklaim bahwa matematika memegang peranan kunci dalam pembentukan sumber daya manusia yang handal, untuk perkembangan peradaban manusia. Orang yang menguasai ilmu matematika akan memiliki pemikiran kritis, pemecahan masalah, penyampaian gagasan, dan kerja sama yang efektif

Namun tidak hanya menguasai ilmu sebagai alat tetapi seorang matematikawan juga wajib menguasai bahasa. Karena jika tidak, maka sangat mungkin terjadi kesalahan dalam menerjemahkan suatu masalah. Apalagi sebagian besar buku matematika ditulis dalam bahasa asing. Salah satu kelemahan bangsa kita terutama mahasiswa adalah kurangnya menguasai bahasa sehingga ilmu tidak kita dapatkan secara sempurna.

Sementara disisi lain lapangan kerja yang dapat menyerap lulusan Jurusan Matematika antara lain perusahaan jasa seperti perbankan dan asuransi, serta industri teknik seperti elektronika, telekomunikasi, transportasi, dan komputer. Lembaga pendidikan dan pemerintah juga sangat membutuhkan orang-orang dengan kemampuan analisis matematika yang baik. Namun, tidak menutup kemungkinan akan lebih banyak lagi jenis pekerjaan yang memerlukan jasa matematikawan.

Matematikawan sangat diperlukan di perusahaan asuransi sebagai aktuaris, yang merupakan tenaga bisnis profesional yang terampil menerapkan teknik-teknik matematika ke dalam masalah-masalah keuangan. Aktuaris juga berperan dalam menganalisis kaitan antara situasi finansial dan ketidakpastian masa depan karena kesehatan atau usia klien, Tugas lain seorang matematikawan di bidang asuransi adalah menghitung premi, menghitung risk-based capital, biaya pendidikan, dan valuasi cadangan premi.

Untuk menjadi seorang aktuaris yang baik, dibutuhkan penambahan wawasan dengan menempuh jenjang pendidikan lebih lanjut. "Khususnya dalam pengembangan multivariate dan aplikasi proses stokastik ke dalam sistem perhitungan aktuaria.


1 komentar:

Jero Budi D. (S2 - P.Mat UNY) mengatakan...

"Matematika" bidang ilmu yang akan membawa orang yang menekuninya memiliki fitur yang tidak jauh dari karakteristik matemtika itu sendiri.
Tulisan bapak memberikan gambaran betapa pentingnya matematika untuk dipelajari, dikuasai dan diterapkan. Lalu dimanakah peran kita dalam memajukkan semua itu?
Sebagai seorang pendidik, kita semua pasti menyadari peran kita masing-masing terkait dengan memjukkan bangsa lewatMatematika.
Selamat berkarya Kawan.
Terima kasih,
Salam kenal (Jero, blog:jerobudy.blogspot.com)



 

MATH EDUCASI and CULTURE Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha